Melatih Nafas Ayam Sabung Laga

pkercollection.com – Melatih Nafas Ayam Sabung Laga, Memiliki ayam laga yang mempunyai stamina yang tinggi merupakan kebanggan tersendiri bagi setiap penggemar ayam laga aduan atau ayam sabung. Dibalik stamina prima ayam kebanggan tersebut dipastikan tidak luput dari latihan-latihan. Kali ini akan Admin berikan cara atau tips agar ayam aduan laga kesayangan Sob memiliki stamina yang tinggi, karena itu langsung saja kita simak ulasan berikut ini :

Baca juga : Cara Merawat Ayam Menghadapi Musim Kemarau

1. Latihan Lari
Cara yang pertama dapat dijalankan untuk melatih nafas Ayam Laga Aduan agar bisa panjang ialah dengan membuat latihan lari. Latihan lari yang dilakukan berkali-kali sangat efektif dalam membangkitkan stamina sekaligus nafas ayam aduan milik kita.

Latihan ini diberikan dengan bantuan ayam untulan. Caranya ialah ayam untul dibuat berlari untuk memancing ayam laga aduan yang hendak dilatih mau bertarung. Setelah ayam laga aduan yang hendak dilatih berani, ayam untul digeser ke belakang dan membuat ayam yang dilatih mengejarnya. Pelatih juga bisa membawa ayam untul berlari agar ayam tersebut dikejar oleh ayam yang akan dilatih. Meski demikian, pelatih juga harus berhati-hati supaya jangan sampai terkena serangan atau pukulan ayam yang dilatih.

Banyak yang mengalami, kerena ayam laga aduan yang dilatih terlalu emosi akibat tidak bisa mengejar ayam untul sebagai pemancing, ayam laga aduan yang dilatih pun mau melampiaskan emosinya kepada sang pelatih. Biasanya kaki orang yang memegang ayam untul akan diserang dan dipukul berkali-kali.

2. Kliter

Untuk tidak mempersulit dalam latihan lari, kita juga bisa mempergunakan latihan yang orang Jawa biasa sebutkan dengan istilah kliter. Kliter merupakan cara membuat Ayam Laga Aduan mau berlari memutari kurungan ganda yang di dalamnya sudah diberi Ayam Laga Aduan untel.

Ayam Laga Aduan yang diposisikan di dalam kurungan dalam dapat berbentuk Ayam Laga Aduan dara atau babon, Ayam Laga Aduan jantan untul, atau juga bisa calon jagoan yang juga sedang dalam proses latihan. Selain berguna memantapkan pernafasan, latihan ini juga berguna memperkuat otot kaki, keberanian, dan juga staminanya. Latihan kliter ini bisa dilakukan oleh Ayam Laga Aduan antara 1-2 jam setiap harinya.

3.Bertarung di bawah terik matahari

Latihan bertarung di bawah terik matahari juga bisa melatih pernafasan Ayam Laga Aduan. Ini bisa terjadi karena latihan di lingkungan yang agak ekstrim akan berguna memperkuat stamina Ayam Laga Aduan. Bila napasnya bagus ketika Ayam Laga Aduan bertarung di bawah terik matahari, maka Ayam Laga Aduan nantinya tidak akan takut saat diikutkan ke arena laga.

Napasnya akan bagus sehingga tidak terasa lelah saat menjalani pertarungan. Lama latihan di bawah terik matahari ini bisa dilakukan sekitar 15 menit, dilakukan seminggu sekali. Pertarungan dibuat dengan Ayam Laga Aduan yang sudah ahli atau Ayam Laga Aduan lain yang juga masih dalam proses latihan. Tetapi, jika Ayam Laga Aduan yang dipakai merupakan Ayam Laga Aduan yang sudah bertaji, lebih baik tajinya dibalut agar tidak saling mencederai.